Anti Mati Gaya

Katanya supaya tidak mati gaya (“Apa pula artinya itu?” tanya seorang teman dengan logat Medan yang kental) saat kita sedang menunggu, kita perlu teknologi supaya bisa chatting, blogging, facebook, e-mail, browsing, semua dari handset ponsel kita.

Gimana kalau ponsel kita lowbatt? Atau habis pulsa? Atau lupa dibawa? Atau tidak dapat sinyal? Kalau sedang dalam penerbangan jarak jauh yang tidak bisa terhubung ke internet? Garing dong?

Berikut beberap resep anti mati gaya tanpa perlu handphone.

1. Ngobrol dengan orang yang duduk di sebelah. Padahal di sebelah ada orang, lha kok pake handphone untuk ngobrol dengan orang lain yang beda lokasi? Mulai dari senyum dulu, lalu tanya, “Sakit apa, Bu?” atau “Dapet nomor antrian berapa, Pak?” Habis itu, bisa tanya rumah di mana, kerja di mana, dan seterusnya.

Suatu kali di tempat cuci mobil, saya mengajak ngobrol seorang bapak. Beliau adalah seorang pensiunan, yang kini hidup dari mengontrakkan beberapa petak rumah. Bapak itu cerita tentang perjalanan hidupnya, dan tentang keluarganya. Alih-alih bosan menunggu, mendengar kisah si Bapak saya jadi terinspirasi untuk menyiapkan investasi untuk masa tua.

Siapa tahu dari hasil ngobrol dengan orang lain, kita tambah teman, atau bahkan dapat peluang bisnis baru. Atau dapat klien baru.

2. Membaca. Kalau ada kemungkinan kita bakal menunggu lama, siapkan bahan bacaan dari rumah. Mungkin ada majalah yang belum sempat kita baca? Atau buku yang sudah lama ngendon di rak, tapi sampai sekarang belum terbaca? Daripada cuma jadi tempat berkumpulnya debu, mending diajak pergi untuk menemani kita menunggu. Bisa juga beli majalah atau koran. Lumayan, waktu menunggu bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

3. Persiapan. Bisa persiapan apa saja. Meeting besok? Presentasi? Pekerjaan yang perlu diselesaikan? Sambil menunggu kita bisa buat oret-oretan untuk menyusun ide dalam pikiran kita. Atau menyusun daftar prioritas pekerjaan, lalu membuat catatan hal-hal yang harus segera kita kerjakan. Bisa juga membuat rencana pengeluaran kita untuk minggu ini.

4. Mengamati. Kayaknya kurang kerjaan banget ya. Tapi kenyataannya memang kita sedang tidak ada kerjaan. Yang sering saya lakukan, saya mengamati bangunan atau tempat di mana saya menunggu. Saya coba mereka-reka, kenapa bangunan atau tempat itu dibuat demikian? Kenapa bangkunya disusun seperti itu?

Kenapa ibu yang duduk di seberang itu sebentar-sebentar melihat jam? Apakah dia sedang terburu-buru? Kenapa mbak yang berbaju putih kembang-kembang merah itu tidak mau duduk, biarpun ada kursi yang kosong? Apakah dia sungkan? Atau sedang ambeien?

Tanpa terasa kita mengasah imajinasi kita. Dan dengan menjaga pikiran kita aktif, maka penurunan kemampuan otak dapat dikurangi.

5. Rileks. Mumpung sedang tidak ada yang dikerjakan, kenapa kita tidak memanfaatkan waktu untuk santai? Kalau kebetulan kita sedang duduk, cobalah duduk dengan posisi sesantai mungkin. Lemaskan otot-otot kita. Pejamkan mata sejenak, berikan istirahat pada pelupuk mata kita.

6. Retrospeksi. Kita bisa merenungkan hal-hal yang telah kita lakukan hari itu, atau di hari-hari sebelumnya. Apakah kita sudah melakukan segala sesuatu secara optimal? Apakah ada yang bisa kita perbaiki? Kenapa suatu kesalahan bisa terjadi? Apa sebabnya? Apa yang saya bisa lakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan yang sama di kemudian hari? Apakah kontribusi saya untuk tim atau untuk rekan kerja sudah maksimal? Adakah hal lain yang masih bisa saya lakukan?

Banyak yang bisa kita kerjakan di saat-saat ‘down time’ kita, tanpa harus bergantung pada teknologi. Selama kita bisa memanfaatkan waktu itu secara produktif, pasti ngga akan mati gaya, deh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s